PAUD berkualitas = masa depan dunia cerah

Image result for education is more than school

Pendidikan Anak Usia Dini, atau PAUD, merupakan tonggak dan momen penting dalam pendidikan seseorang. PAUD merupakan jenang pendidikan seseorang pada rentang umur 0-6 tahun. Secara khusus, pada umur 0-4 tahun adalah periode yang disebut dengan istilah “the golden age“, masa keemasan bagi seseorang dalam hal belajar. Masa ini adalah masa-masa terpenting bagi seseorang untuk belajar apapun, dan masa di mana seorang anak menyerap berbagai hal dari lingkungannya.

7456144-a-natural-sponge-brain-on-a-white-background-contained-by-an-outline-profilePada masa the golden age ini, otak anak berfungsi layaknya sebuah sponge, di mana ia akan menyerap apapun dari sekitarnya. Ini yang, menurut Maria Montessori, pendidik terkenal di abad ke-19, sebagai “the absorbent mind”.

Hal-hal positif maupun negatif akan diserap oleh sang anak pada umur ini, sehingga tak heran jika kita mungkin mendengar mereka mengatakan hal-hal yang mungkin sebenarnya tidak mereka pahami, tetapi mereka peroleh dari interaksi dengan orang tua atau teman mereka, baik itu hal positif maupun negatif.

Sebagai contoh, saya mendengar cerita dari kawan saya yang merupakan guru TK, bahwa muridnya pernah berbicara demikian, “Tuh kan dibilangin juga apa!” Nah, coba tebak dari mana si anak bisa mengatakan hal tersebut? Tentu dari orang tua atau guru atau sekitarnya bukan? Padahal, belum tentu si anak paham, tetapi tanpa kita sadari, anak kita sudah berhasil “belajar” dari kita.

Teacher And Pupils Using Wooden Shapes In Montessori School

Menurut berbagai sumber dan penelitian, pembentukan dan perkembangan anak ada masa golden age ini sangat menentukan pembentukan seseorang di kemudian hari ketika sudah dewasa. Begitu juga sebaliknya, ketika sudah dewasa dan seseorang memiliki masalah tertentu dalam karakter atau kepribadiannya, sangat mungkin untuk melakukan kilas balik untuk mendalami masa lalunya. Misalnya, anak yang kurang mendapat kasih sayang dan perhatian yang cukup pada masa kecilnya akan cenderung mencari perhatian dari orang lain di masa depan. Dan tentu kita bisa mendapatkan contoh lainnya.

Jika periode usia 0-6 tahun adalah periode yang teramat penting dalam kehidupan seseorang (walaupun tentunya periode usia berikutnya juga penting), apa yang bisa kita lakukan? Tentunya, hal ini sangat tergantung dari peran kita.

Beberapa opsi yang bisa dilakukan:

  • Sebagai orang tua, memastikan bahwa pada masa usia 0-6 tahun, anak mendapatkan kasih sayang dan pendidikan di keluarga yang layak dan berkualitas
  • Sebagai pemerintah setempat atau pendidik, memastikan bahwa anak-anak ini mendapatkan pendidikan yang efektif di mana pendidik juga membentuk lingkungan dan budaya belajar yang positif.
  • Sebagai bagian masyarakat, kita perlu mengingat bahwa pembentukan karakter anak berlangsung di berbagai tempat, sehingga masyarakat juga mempunyai tanggung jawab untuk memberi teladan positif bagi anak-anak usia dini (cth: film yang layak tonton, buku yang layak baca, kedisiplinan berlalulintas, dll.)

Perlu juga kita pahami bahwa Kelompok Bermain (KB/preschool) dan Taman Kanak-kanak (TK/kindergarten) adalah institusi pendidikan yang secara khusus mendidik dan memfasilitasi pembelajaran anak-anak usia 1,5-6 tahun. Di Indonesia, saat ini, ada banyak sekali KB dan TK dengan kualitas yang beragam juga (sebagian besar adalah institusi swasta). Ada yang sangat fokus pada perkembangan akademis, ada yang lebih mementingkan perkembangan karakter, ada yang sudah mengharuskan bisa calistung (baca, tulis, hitung), ada yang baru menekankan itu di jenjang SD. Karena variasi kualitas yang ada, orang tua diharapkan untuk dapat memilih dengan baik jika ingin memasukkan anaknya ke KB atau TK yang ada. Beberapa aspek yang bisa diperhatikan:

  • Jarak dari rumah ke KB, TK, atau daycare yang dituju.
  • Budaya dan lingkungan sekolah
  • Kualitas pendidik
  • Fasilitas/lingkungan sekolah
  • Nilai dan fokus pendidikan
  • Kurikulum
  • Harga terhadap kualitas yang ditawarkan

Karena begitu pentingnya masa usia ini, mari kita perhatikan dengan baik pendidikan yang kita berikan pada anak-anak usia 0-6 tahun. Baik kita bagian masyarakat, orang tua, keluarga, pendidik, pemangku kepentingan, pengambil kebijakan, atau bahkan orang awam, mari kita mencoba mengambil bagian sebisa mungkin untuk berkontribusi dan membangun negeri melalui pendidikan berkualitas. Ingat betapa berharga dan pentingnya kualitas PAUD, karena ini akan sangat menentukan kualitas kehidupan anak-anak kita di masa mendatang.

Selamat mendidik! Selamat berkontribusi!

 

Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_anak_usia_dini

https://www.blackenterprise.com/education-10/

Why Your Child’s Brain is like a Sponge

https://www.psychologytoday.com/us/blog/healthy-connections/201004/can-our-childhood-really-predict-our-future

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s