Show up to give

Bayangkan hal berikut:

Anda berhasil memenangkan suatu penghargaan, sesuai bidang usaha atau pekerjaan Anda masing-masing. Jika Anda seorang mahasiswa, Anda memperoleh cum-laude atau menjadi ketua senat yang berhasil. Jika Anda seorang karyawan, mungkin Anda menjadi karyawan teladan. Lalu, diadakan upacara khusus dan Anda diberikan kesempatan untuk menyampaikan pidato.

Apa yang akan Anda sampaikan?

Bayangkan jika ketika Anda berpidato, kata-kata yang Anda utarakan seperti ini:

“Terima kasih untuk penghargaan ini. Saya tahu bahwa saya memang pantas mendapatkannya, karena usaha keras saya selama ini. Saya telah mengorbankan segala hal demi berhasil memperoleh penghargaan ini. Walau ada rekan, teman, dan keluarga yang memberikan dukungannya pada saya, saya tahu betul bahwa saya yang menentukan semuanya.”

Menjengkelkan membacanya bukan?

Sebagai pribadi yang berjuang untuk menjadi pemimpin manusia yang lebih baik, satu hal amat penting adalah sikap hati. Hati adalah pelita tubuh. Jika hati kita ada di tempat yang tepat, apa yang kita lakukan pun juga akan tepat. Itulah yang juga menjadi judul tulisan ini, “Show up to give”. Dalam melakukan segala hal, hadir dan lakukanlah dengan hati untuk memberi, bukan untuk mendapatkan.

Ketika kita berpidato atau menjadi pembicara, misalnya, bukan untuk mendapatkan tepuk tangan dan pujian. Kita membentuk usaha/bisnis tertentu bukan untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya, tetapi untuk memberi nilai dan dampak positif bagi sekitar.

 

 

 

Jadi, kalau ditanya kembali, apa yang akan Anda sampaikan di pidato kesuksesan Anda?

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s