Hari apa hari ini?

Di Indonesia, hari ini diperingati sebagai suatu hari yang penting, lho. Hari apakah hari ini?

HARI PENDIDIKAN NASIONAL

Menurut sejarahnya, hari pendidikan nasional ini merupakan hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara (2 Mei 1889), tokoh pendidikan Indonesia yang berperan sangat penting dalam memengaruhi pergerakan dan kemajuan pendidikan Indonesia. Beliau mendirikan lembaga pendidikan Taman Siswa pada 3 Juli 1922. Karena jasanya dalam bidang pendidikan, hari kelahirannya diperingati sebagai hari pendidikan nasional Indonesia.

Melalui hari ini, mari kita melihat kembali perjuangan dan perkembangan pendidikan di Indonesia. Sudah sejauh mana kita berkembang dan lebih maju, paling tidak dibandingkan 5 tahun atau 10 tahun yang lalu? Apakah anak-anak didik Indonesia sudah lebih menikmati belajar dan semua anak mengenyam pendidikan? Bagi anak-anak yang sudah mendapatkan pendidikan, seberapa baik kualitas pendidikannya? Seberapa baik saat ini kualitas lembaga-lembaga pendidikan yang ada dan melayani anak-anak Indonesia?

Saya sendiri merasa sangsi terhadap kualitas pendidikan saat ini. Sejauh yang saya pahami, pendidikan belum merata, baik itu dari segi akses maupun kualitas. Lembaga-lembaga pendidikan belum semuanya berkualitas, bahkan untuk mereka yang ada di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Terlebih lagi mereka yang di daerah-daerah lain dan yang ada di daerah terpencil.

Peran sekecil apapun untuk membangun pendidikan Indonesia pasti sangat berharga. Perjalanan pendidikan Indonesia untuk semakin maju masih sangat jauh. Belum adanya koordinasi yang efektif antara pemerintah pusat dengan pemerintah-pemerintah daerah. Saat ini memang muncul banyak gerakan-gerakan atau komunitas-komunitas pendidikan yang berupaya mengatasi masalah-masalah yang ada. Namun, pemerintah belum sepenuhnya berkoordinasi.

Kita seolah masih berdiri dan berjalan sendiri dan berusaha menggaet orang lain untuk bekerja bersama, tetapi belum menjadi keutuhan di negeri ini. Namun, walaupun begitu, untuk saat ini, mari kita terus berjuang sambil terus mengusahakan koordinasi dengan pihak pemerintah. Kita kerjakan apa yang bisa kita lakukan untuk berkontribusi pada perbaikan kualitas pendidikan.

Mari bergerak, mari menginspirasi, mari berubah untuk Indonesia maju!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s