The 4 I’s

Pernahkah kita bertemu atau mengenal seseorang yang sangat menginspirasi kita, dan dia memberikan dukungan dan dorongan motivasi bagi kita, dan juga menjadi teladan positif bagi kita sehingga membuat kita bertumbuh? Saya cukup yakin, kita mempunyainya, walau mungkin standarnya berbeda-beda.

Image result for transformational leaders

Coba refleksikan dan ingat kembali, apa saja yang orang ini lakukan kepada kita? Mengapa mereka menginspirasi?

Kemarin, saya membahas secara singkat mengenai model kepemimpinan yang cenderung otokratis atau otoriter. Kepemimpinan itu terfokus pada kemampuan dan kemutlakan otoritas dan kekuasaan sang pemimpin.

Dalam perjalanannya, model kepemimpinan ini banyak ditinggalkan karena memiliki dampak buruk yang lebih kuat daripada dampak positifnya. Seperti layaknya tren fashion, model berikutnya yang lebih disukai adalah model kepemimpinan yang lebih “halus” di mana sang pemimpin memberikan perhatian pada kebutuhan individu, memberi dukungan, motivasi, menjadi teladan, dan menginspirasi.

Model ini dikenal dengan istilah kepemimpinan transformasional (transformational leadership), paling dikenal dengan karakteristik perilaku 4 I: Idealized influence, intellectual stimulation, inspirational motivation, dan individualized consideration.

Tidak dengan cara menjadi pemimpin yang berkuasa mutlak dan menunjukkan otoritasnya, para pemimpin ini lebih memilih untuk memberikan dukungan dan inspirasi untuk mencapai tujuan bersama. Ia juga memberikan dukungan untuk mengembangkan para pengikutnya. Ia menjadi teladan dan membiarkan para pengikutnya melihatnya. Melalui semua yang ia lakukan, sang pemimpin ini dapat menciptakan kondisi di mana para pengikutnya merasakan kepuasan bekerja, bekerja efektif, dan memberi lebih dari yang diharapkan (giving extra mile).

Sekali lagi, saya tidak berminat untuk memberikan cap apakah gaya ini baik atau tidak dan melalui tulisan ini, dan hanya ingin berbagi sedikit mengenai topik ini.

Bagaimana menurut kita? Siapakah contoh pemimpin seperti ini di hidup kita dan di dunia? Apakah menurutmu, para pemimpin dunia yang mempunyai banyak pengikut (seperti Adolf Hitler, Saddam Hussein) juga merupakan pemimpin transformasional?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s