Pilih mana?

Kalau kita diminta memilih di antara 2 opsi berikut, mana yang kita pilih?

Fokus dan mengusahakan yang terbaik untuk mendapatkan nilai terbaik dan jadi juara sekolah

Fokus belajar dan memelajari hal-hal baru dan bermakna, tetapi nilai akademik sekolah biasa saja

Kedua opsi tersebut mungkin nampak umum menjadi perdebatan di lingkungan pendidikan, tetapi dibalik itu, ada hal penting yang bisa menjadi prinsip kita dalam menjalani hidup dan memperjuangkan berbagai hal dalam hidup kita.

Opsi pertama, jika dilanjutkan, mungkin akan menjadi seperti ini: setelah mendapat nilai bagus dan menjadi juara sekolah, kemudian masuk ke universitas yang baik dan ternama, lulus sebagai lulusan terbaik (atau minimal IP sangat baik), dan mendapatkan pekerjaan yang baik.

Opsi kedua, jika dilanjutkan, mungkin akan menjadi seperti ini: nilai akademik sekolah biasa saja, masuk ke universitas yang baik tetapi biasa saja, terus memelajari berbagai hal yang baru dan bermakna, mendapatkan IP yang baik, lulus kuliah, dan mendapatkan pekerjaan yang baik.

Ujung dari keduanya sama, mendapatkan pekerjaan yang baik. Pertanyaannya, mana yang kita pilih? Dunia saat ini lebih condong pada opsi kedua. Mengapa? Karena opsi kedua lebih fokus pada perjalanan jangka panjang, sedangkan opsi kedua lebih fokus pada pencapaian jangka pendek. Mereka yang bekerja di bidang pendidikan memahami betul bahwa belajar yang efektif dan bermakna akan membawa seseorang pada kesuksesan jangka panjang.

Mereka yang terbiasa belajar efektif dan bermakna akan terus membawa hasilnya hingga mati, dan bahkan terus belajar tanpa henti karena mereka menikmatinya. Saya cukup yakin bahwa orang yang menjalani hidup dengan opsi kedua akan memiliki hidup yang lebih memuaskan dan sangat mungkin untuk mengubah dunia di sekitarnya.

Bukan berarti bahwa orang yang memilih opsi pertama tidak dapat sukses. Tentu mereka juga bisa sukses, tetapi mungkin mereka tidak puas. Karena perjalanan awalnya lebih fokus pada jangka pendek, jika mereka ingin mencapai apa yang opsi kedua capai, mereka harus berusaha lebih keras mengubah gaya hidupnya ini untuk fokus pada jangka panjang.

Dalam hidup, kita pasti diperhadapkan pada dua macam opsi ini, fokus jangka pendek atau fokus jangka panjang. Fokus jangka panjang lebih sulit, karena tidak terukur dalam jangka pendek, dan sebagai manusia, tidak mudah untuk kita percaya bahwa kita akan berhasil pada 10 tahun mendatang. Lebih mudah untuk melihat bahwa nilai dan pencapaian terukur kita baik pada 1-2 tahun ke depan.

Inilah perbedaan dari hasil yang berfokus pada jangka pendek dan jangka panjang. Jadi, pilih mana?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s