Ada yang bisa dibantu?

Seperti yang pernah saya bahas di beberapa artikel sebelumnya, seringkali kita sebagai pimpinan meminta staf atau bawahanya kita untuk menjadi loyal dan melakukan yang terbaik. Kita meminta, bukan menciptakan atmosfer atau lingkungan yang mendukung itu bisa terjadi.

Apa akibatnya jika kita hanya meminta dan menuntut?

Saya sering merasakannya, dan saya sangat membenci hal tersebut. Mengapa? Karena saya merasakan bahwa mereka yang “di atas sana”, para pimpinan organisasi hanya menuntut dan meminta tanpa berbuat banyak untuk membuat kami yang “di bawah sini” mencintai pekerjaan dan melakukan yang terbaik yang bisa kami lakukan.

Menyambung dari artikel kemarin, pertanyaan yang saya coba tawarkan menjadi pertanyaan-pertanyaan penting untuk kita jawab, dan juga seperti judul artikel ini, pernahkah kita menanyakan hal tersebut pada staf kita?

Apa yang bisa saya lakukan untuk menolongmu untuk bekerja lebih baik? Adakah yang bisa saya bantu? Apa yang kamu butuhkan?

Sekali waktu, cobalah tanyakan hal ini. Pasti kita akan merasa ada yang aneh, dan mungkin juga mereka. Namun, tetap lanjutkan! Lakukan setiap hari. Dengan demikian, kita berusaha mengubah atmosfer yang ada dengan menjadi lebih berlandaskan kepercayaan, di mana kita belajar untuk memedulikan mereka dengan tulus.

Ketika kita merasa diperhatikan dan dimanusiakan, bukankah kita tergerak dan terinspirasi untuk melakukan yang lebih baik?

Cobalah!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s