Just do it!

Di saat kondisi tempat kita beraktivitas dan berkarya kurang baik (komunitas, perusahaan, keluarga, sekolah, dll), apa yang kita lakukan?

Saya pribadi, memilih kurang peduli, dalam arti memilih untuk tidak terlalu fokus pada kekacauan dan berbagai kelemahan yang ada dan lebih memfokuskan diri mengerjakan bagian pekerjaan saya sebaik-baiknya. Sebagian orang memilih untuk menjadi orang-orang yang terdemotivasi dan malas bekerja karena lingkungan tidak mendukung, pemimpin buruk, dan berbagai alasan lainnya. Namun, apalah artinya berbuat demikian?

Menjadi malas dan tidak mengerjakan apa yang seharusnya kita lakukan, atau sebaliknya, dalam kondisi buruk, menunjukkan karakter kita. Kondisi buruk, tekanan, bukan hanya menunjukkan iapa pemimpin kita, tetapi juga lebih penting siapa diri kita sesungguhnya. Kalau kita cenderung protes, mengeluh, dan tidak mau bekerja, maka itulah diri kita. Kita sangat membutuhkan lingkungan positif.

Tidak selalu berarti buruk memang, tetapi tidak bisakah kita belajar lebih asertif? Tidak bisakah kita mempunyai visi dan nilai yang lebih tinggi sehingga seperti apapun lingkungannya, kita tetap pada pendirian kita dan mengerjakan yang terbaik?

Lakukanlah apa yang harus kita lakukan, dalam kondisi seberat apapun. Walau lingkungan seringkali tidak mendukung kita melakukan yang terbaik, tetapi bukan berarti kita bisa mengikuti lingkungan. Menjadi malas dan mundur bukanlah pilihan yang baik. Sebaliknya, kita bisa menjadi pemimpin yang berani melakukan yang baik dan benar di dalam segala kondisi.

Maukah kita?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s