Mereka pikir kita cinta uang

Apakah kita termasuk seseorang yang termotivasi untuk bekerja dan hidup sebaik-baiknya karena uang? Berapa banyak di antara kita yang terinspirasi karena uang?

Saya sendiri tidak termasuk orang yang termovitasi karena uang. Sebaliknya, motivasi tertinggi saya adalah untuk hal sosial, untuk menolong orang menjadi lebih baik. Namun, jangan bandingkan dengan tipe apapun Anda. Pula, saya tidak menulis artikel ini untuk menghakimi siapapun.

Mengapa saya ingin membahas mengenai hal ini? Karena menurut saya ini merupakan hal penting, terutama dalam praktik pendidikan formal di Indonesia, di sekolah.

Selama saya bekerja di sekolah, saya merasakan seperti ada missing link antara pihak manajemen sekolah dengan pihak karyawan (guru, staf, dll). Ketika seorang guru berhenti bekerja di sekolah tersebut, banyak orang berpikir, termasuk pihak manajemen bahwa ini karena uang, atau dalam arti lain gaji yang mereka terima. Kenyatannya?

Seperti yang kita tahu secara umum, gaji guru tidaklah setinggi gaji manajer perusahaan. Namun, menurut saya, yang menarik adalah bahwa salah satu alasan, sadar maupun tidak, bahwa seseorang menjadi guru bukanlah karena gajinya. Saya pikir, semua guru memahami bahwa ketika ia memutuskan untuk menjalani profesi keguruan seolah hampir sama seperti mendeklarasikan bahwa kita tidak ingin menjadi seseorang yang kaya secara materi.

Dalam beberapa kasus, memang ada yang ingin berpindah sekolah karena ditawarkan gaji dan fasilitas yang lebih baik. Namun, seberapa banyak orang yang demikian? Seberapa banyak pula perbedaan gaji dan fasilitasnya? Dan apakah benar itu motivasi utamanya?

 

Kalau seorang guru hanya bekerja demi uang, tentunya ia sudah memilih untuk bekerja di bidang lain yang lebih menjanjikan secara finansial. Namun, nyatanya ada banyak guru yang memilih bertahan di industri pendidikan karena menemukan kebahagiaan dari mendidik anak. Ini artinya, para guru ini bekerja demi sesuatu hal yang lebih besar daripada sekadar materi.

Sayangnya, saya rasa pihak manajemen dan pimpinan sekolah seringkali kurang menyadari hal ini. Apa yang dipermasalahkan para guru, terutama para guru muda (millennials) adalah kesempatan untuk bertumbuh dan berkarya, dan bagaimana sekolah tersebut dikelola dengan baik, bagaimana mereka dihargai sebagai pribadi, memiliki komunitas guru yang suportif dan menyenangkan, dan terus mendapatkan kesempatan untuk menjadi lebih baik.

Namun, juga jangan salah kaprah. Para guru tetap membutuhkan kecukupan finansial untuk membiaya hidup dan keluarganya!

Hal yang saya ingin tekankan di sini adalah bahwa hendaknya kita lebih menyadari bahwa atmosfer kerja, kondisi pekerjaan, potensi untuk bertumbuh, dan kepemimpinan sekolah merupakan faktor penting bagi seseorang untuk terus bekerja di organisasi/sekolah tersebut. Bahkan, dalam banyak kasus, lebih penting dari uang itu sendiri. Uang tidaklah selalu menjadi faktor utama seseorang pergi dari sekolah.

Di beberapa negara, banyak guru memilih untuk meninggalkan profesi keguruan. Kenapa? Bukan karena uang, tetapi karena mereka tidak berkembang dan tidak didukung menjadi pribadi yang lebih baik. Dalam arti lain, kita mempunyai masalah besar pada KEPEMIMPINAN dan MANAJEMEN sekolah!

Image result for teachers leaving profession

Hal ini didukung juga oleh hasil penelitian, yang menyatakan bahwa insentif finansial bukanlah cara yang dapat secara signifikan memengaruhi seorang guru untuk bekerja dengan lebih baik. Bukan uangnya, tetapi lingkungannya. Bukan materi, tetapi moril. Ketika seseorang merasa sungguh-sungguh dipedulikan, difasilitasi, didukung, dipimpin, dan dikembangkan, mereka akan setia pada Anda dan memberi yang terbaik untuk Anda dan sekolah Anda.

Seberapa besar pun uang yang kita terima dalam pekerjaan, ketika pekerjaan itu sendiri tidak memberikan kepuasaan, suatu hari kita akan berhenti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s