Terima kasih guruku

Bekerja sebagai guru, semakin berkembangnya zaman, semakin tidak mudah. Guru dituntut untuk terus belajar dan berkarya, dan melakukan tugasnya dengan baik. Guru dituntut untuk harus selalu mengikuti perkembangan zaman, khususnya teknologi. Betapa sulitnya bagi guru-guru yang senior untuk belajar teknologi masa kini, tetapi tetap saja mereka diharapkan belajar.

Tanggung jawab seorang guru sangatlah banyak dan berat, khususnya ketika berkaitan dengan pendidikan karakter anak. Bukankah lekat di ingatan kita betapa banyaknya kasus murid yang “memberontak” terhadap gurunya sendiri? Itu mungkin nampak besar, tetapi dalam hal-hal kecil pun juga ada, bagaimana murid tidak hormat terhadap kata-kata guru, dan lain sebagainya.

Di sisi lain, saya pun memahami bahwa tidak semua orang yang menjadi guru adalah guru yang baik. Saya mengalaminya sendiri, dan saya juga bekerja dengan beberapa dari mereka. Mereka tidak benar-benar menjadi teladan yang baik. Mereka tidak mendidik dengan standar yang cukup baik. Walau tentunya kita tahu ada juga guru-guru yang baik, teladan yang baik, dan inspiratif.

Walaupun ini bukanlah hari guru, namun saya mau mengajak kita untuk mengucap syukur, berterima kasih atas kerja mereka. Mereka tidak selalu guru yang baik, tetapi kita tetap bisa belajar dari mereka. Seberapa sering kita memuji dan menghargai guru kita sendiri? Mereka tidak dibayar dengan gaji yang cukup tinggi, dan kita juga masih mengolok dan kurang menghargai mereka. Seberapa sering kita menunjukkan respek dan penghormatan kita pada mereka?

Image result for thank you teacher

Bagi para murid, itu mungkin hal kecil dan remeh. Namun, tidak bagi para guru. Sama saja seperti ketika kita diberikan pujian oleh teman, guru, dosen, orang tua, atau atasan kita. Bukankah rasanya menyenangkan dan kita punya semangat ekstra untuk melakukan pekerjaan kita lebih baik lagi?

Ingatlah guru kita, minimal 5 orang. Cari mereka, temukan mereka, datangi mereka. Berikanlah kartu atau sekadar ucapan terima kasih dan tanyakan kabar mereka. Siapapun mereka, seburuk apapun mereka, mereka dihadirkan Tuhan untuk mendidik kita.

Terima kasih guru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s