Menginspirasi melalui uang?

Jika saya menceritakan kepada Anda bahwa saya memberikan uang kepada pengemis di jalan, apa yang Anda rasakan?

Jika saya menceritakan kepada Anda bahwa kemarin saya membantu membangun salurah air bersih di panti asuhan, apa yang Anda rasakan?

Anda lebih terinspirasi pada tindakan saya yang pertama atau kedua? Mengapa?

Saya pribadi akan lebih terinspirasi pada orang yang melakukan tindakan tertentu dan bukan hanya sekadar memberikan uang. Apa yang kita bisa pelajari daari sini? Menurut saya, manusia lebih terinspirasi karena tindakan nyata yang inspiratif daripada sekadar pemberian uang.

Pemberian uang sangatlah mudah (tentu tidak mudah jika kita tidak punya cukup uang), namun sulit untuk dapat menginspirasi seseorang untuk melakukan tindakan positif berikutnya. Beda ceritanya ketika kita sudah tahu ada tindakan apa yang kita ingin lakukan, dan uang menjadi bensin tambahan bagi kita untuk dapat melakukannya.

Namun, coba kita pikirkan lagi. Dalam banyak kasus, banyak kisah pengalaman orang lain, mana yang lebih menyentuh dan menginspirasi Anda? Seseorang yang bekerja keras demi mendapatkan kesuksesan dan kekayaan atau seseorang yang bekerja keras demi menyenangkan dan membahagiakan keluarganya. Keduanya bisa jadi beda tipis, tetapi saya pribadi lebih memilih yang kedua. Ada emosi khusus di dalamnya.

Jadi, jika kita ingin menginspirasi seseorang, jangan berikan uang. Lakukanlah sesuatu yang positif, seperti menolong mereka, mendengarkan mereka, dan lainnya. Melalui tindakan nyata kita, orang lain dapat berubah, orang lain dapat juga melakukan tindakan nyata untuk berkarya positif.

Maukah kita?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s