Manajemen vs Kepemimpinan

Di masa kini, rasanya kita lebih cukup sering mendengar perbandingan antara manajemen (management) dan kepemimpinan (leadership). Ada juga perbandingan antara bos dan pemimpin.

Saya cukup yakin bahwa sebagian besar dari kita akan memilih kepemimpinan, karena dirasa lebih baik. Kalu kita kurang memahami keduanya, berikut ini saya coba deskripsikan secara singkat. Dalam situs changingminds.org, yang saya juga kutip untuk buku saya, Sebuah Pemaknaan: Pengalaman Seorang Guru Muda, perbedaan antara pemimpin dan manajer adalah sebagai berikut:

Area Pemimpin Manajer
Kekuatan Perubahan Kestabilan
Fokus Leading people Managing work
Mempunyai Pengikut Bawahan
Batasan Jangka panjang Jangka pendek
Mencapai Visi Tujuan
Pendekatan Menentukan arah Merencanakan detil
Keputusan Memfasilitasi Membuat
Kekuatan Karisma pribadi Otoritas formal
Tertarik kepada Hati Kepala
Energi Passion Kontrol
Budaya Membentuk Membuat
Dinamika Proaktif Reaktif
Persuasi Menjual Memberitahu
Gaya Transformasional Transaksional
Pertukaran Kesenangan untuk bekerja Uang untuk bekerja
Kesukaan Berusaha keras Aksi
Keinginan Pencapaian Hasil
Resiko Ambil Perkecil
Peraturan Mendobrak Membuat
Konflik Menggunakan Menghindari
Arah Jalan baru Jalan yang sudah ada
Kebenaran Mencari Mencipta
Perhatian Apa yang benar Menjadi benar
Kredit/pujian Memberikan Ambil
Kesalahan Ambil Menyalahkan

 

Secara singkat, manajer, atau tanggung jawab manajemen adalah untuk mengelola organisasi untuk kepentingan hari ini. Sebaliknya, pemimpin, atau tanggung jawab kepemimpinan adalah untuk memimpin dan mengarahkan organisasi untuk kepentingan hari ini untuk masa depan.

Dari banyak sumber, kita dapat cukup menyimpulkan bahwa kepemimpinan lebih baik. Itu pula yang saya pahami dulu. Namun tidak sekarang. Manajemen mungkin terkesan lebih negatif, sebaliknya kepemimpinan lebih positif. Betul saja. Namun, jangan lupa. Manajemen juga diperlukan.

Ini bukan masalah hitam putih, benar salah, dan kita harus memilih. Kedua fungsi itu harus ada di setiap organisasi. Mungkin saat ini lebih mudah dikenal sebagai entrepreneur atau wiraswasta. Coba bayangkan jika Anda seorang entrepreneur, membentuk usaha baru, tetapi tidak ada fungsi manajemen (keuangan, tujuan jangka pendek, pengelolaan pekerjaan, kestabilan, dll)? Saya cukup yakin ada saatnya Anda menjadi gila.

Image result for management and leadership

Seorang pemimpin lebih berfokus pada inovasi dan apa yang ada di depan, sedangkan seorang manajer lebih berfokus pada kondisi harian dan rutin. Keduanya perlu dikombinasikan. Bahkan, dalam diri seseorang, kita tetap memiliki keduanya, hanya masalah mana yang lebih dominan dan mau kita asah lebih lagi.

Mulai saat ini, jangan pisahkan keduanya lagi. Stop menganggap kepemimpinan lebih baik daripada manajemen atau pengelolaan. Kombinasikan dengan manis, sehingga buahnya optimal bagi organisasi tempat kita berkarya, baik itu sekolah maupun perusahaan ataupun organisasi lainnya.

Selamat berjuang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s