Belajar dan Karier

Penting bagi kita, pendidik (guru, dosen, orang tua, masyarakat) untuk memfasilitasi pembelajaran agar setiap peserta didik memahami arti penting pembelajaran mereka. Kalau semua hanya serba abstrak, tentunya mereka akan bingung untuk apa belajar materi atau pelajaran tertentu.

Sebagai guru matematika, saya sangat sering mengalaminya. Khususnya di masa saya masih banyak belajar sebagai guru matematika. Karena matematika adalah pelajaran yang paling tidak disukai murid, mereka seringkali bertanya, “Pak, untuk apa belajar materi ini?” Di balik pertanyaan itu, murid, selain mungkin jengkel dengan sulitnya matematika, mereka menyimpan hasrat keingintahuan terhadap kegunaan belajar matematika.

Hal ini yang disebut dengan istilah “visible learning”, menurut John Hattie (2008). Visible learning adalah faktor utama keberhasilan belajar peserta didik. Teknologi, kehebatan mengajar materi oleh guru, sumber belajar, dan lainnya menjadi tidak terlalu berarti ketika anak tidak mengetahui dengan jelas dan tepat untuk apa mereka belajar ini. Bukankah ini juga sama seperti kita ketika bekerja. Jika kita mengetahui dengan jelas visi dan tujuannya, akan jauh lebih mudah dan menyenangkan bagi kita untuk mengerjakan pekerjaan kita.

Bagaimana cara menghubungkan pembelajaran kita dengan karier masa depan mereka dalam kapasitas kita sebagai individu guru?

  1. Hubungkan materi dan mata pelajaran yang dipelajari dengan skill tertentu yang mereka butuhkan di saat bekerja (missal: dibutuhkan kemampuan berpikir kritis untuk setiap pekerjaan, keterampilan membuktikan pada pelajaran matematika untuk belajar berpikir kritis)
  2. Hubungkan perjalanan studi dan karier tertentu dengan mata pelajaran tertentu (missal: menjadi aktuaris membutuhkan keterampilan matematika: analisis, modelling, dan statistika, menjadi dokter membutuhkan keterampilan apda bidang biologi dan kimia)
  3. Menggunakan network kita, mencari pembicara yang merupakan ahli di bidang pekerjaannya untuk memberikan deskripsi kegunaan materi pelajaran tertentu. Atau, bisa juga meminta para ahli ini untuk memberikan proyek (berdasarkan konteks masalah nyata) untuk dikerjakan peserta didik.

Image result for visible learning quotes

Saya yakin ada banyak hal yang bisa kita lakukan, dengan tujuan untuk membuat pembelajaran menjadi berkualitas, bermakna, dan bermanfaat bagi para peserta didik. Kita bisa mengeksplorasi lebih jauh apa saja yang bisa kita lakukan.

Mari belajar terus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s