Kembalikan waktu saya

Terima kasih atas setiap usaha dan karya yang sudah Anda lakukan, Dini! Terus semangat bertumbuh dan berkarya sebaik-baiknya 😊

Apa yang Anda rasakan ketika Anda datang di pagi hari ke tempat bekerja dan menemukan kertas atau post-it bertuliskan pernyataan di atas yang ditujukan pada Anda? Senang bukan? Atau paling tidak hati kita tergelitik untuk lebih semangat bekerja (kecuali kita merupakan tipe orang yang terlalu mengkritisi diri sendiri)? Bukan tidak mungkin juga kita menjalani hari tersebut dengan semangat dan mau menginspirasi orang lain di hari itu juga.

Image result for thanks for your hard work

Apa yang Anda rasakan ketika atasan langsung Anda (orang tua, guru, dosen, pimpinan, atau siapapun yang mempunyai otoritas terhadap Anda) datang ke ruangan atau meja Anda dan mengatakan hal tersebut di atas?

Mana yang lebih membuat Anda lebih merasa semangat dan terinspirasi? Post-it tersebut atau kehadiran orang yang menulis pesan tersebut? Mengapa?

Saya pribadi akan lebih merasa semangat dan terinspirasi dengan kondisi kedua. Terlebih lagi, jika orang tersebut adalah orang yang memang saya idolakan dan inspiratif bagi saya. Mengapa? Karena orang tersebut meluangkan waktunya untuk mendatangi saya dan mengapresiasi apa yang saya lakukan. Apresiasi itu sendiri sudah merupakan hal berharga, apalagi ketika disampaikan secara langsung.

Image result for some people free their time

Di masa kini, meluangkan waktu menjadi hal berat yang dilakukan banyak orang, karena saat ini semua serba digital dan online dan orang semakin sibuk dengan keperluannya masing-masing. Lebih mudah dan cepat jika mengirim e-mail atau pesan singkat saja. Tidak perlu telpon, apalagi bertemu. Lebih mudah lagi jika tidak melakukannya, dan tidak perlu kuatir karena banyak orang juga tidak melakukannya.

Karena itu, di sisi lain, meluangkan waktu juga menjadi berharga ketika kita melakukan sesuatu untuk orang lain. Mengapa? Karena waktu tidak akan kembali. Ketika saya meluangkan waktu saya untuk berbicara dengan Anda, itu akan berbeda dari mereka yang berbicara dengan Anda di waktu luang mereka. Usaha untuk meluangkan waktu yang tidak akan kembali menjadi berharga bagi mereka yang menerimanya.

Kalau hal tersebut bisa menginspirasi kita, maukah kita juga melakukannya untuk orang lain?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s