Aku miskin

Kaya atau miskin? Yang manakah status Anda saat ini?

Saya tidak menyebutkan definisi atau indikator dari kaya atau miskin. Menurut Anda, yang manakah Anda?

Saya yakin saya orang kaya. Bukan secara materi, dalam arti saya tidak berkelimpahan uang dan harta. Namun, saya merasakan kepuasan atas hidup saya. Saya kaya karena saya menikmati dan mensyukuri apa yang ada dalam hidup saya.

Saya mempunyai orang tua dan keluarga yang lengkap, keluarga dari istri yang lengkap, seorang istri yang hebat dalam kekurangannya, pekerjaan yang menantang dan menyenangkan, pekerjaan dengan gaji yang cukup, teman dan sahabat yang baik, pelayanan dan gereja yang menyenangkan, dan berbagai hal lainnya. Tentunya, hidup saya memiliki kekurangannya tersendiri, tetapi bukan berarti tidak ada hal yang dapat disyukuri.

Image result for i am rich

Saya meyakini bahwa kaya bukan berarti berkelimpahan materi. Ada banyak orang yang kaya atau berkelimpahan secara materi tetapi tidak benar-benar merasa “kaya” dalam hidupnya. Sebaliknya, ada banyak orang yang tidak punya cukup uang sehari-harinya, tetapi merasa “kaya” dalam hidupnya. Ini berarti kaya dan miskin bukanlah soal hal fisik semata, tetapi lebih pada perasaan dan cara pandang kehidupan.

Jika kita berfokus pada kekayaan secara materi dan fisik, kita tidak akan pernah puas. Selalu ada yang lebih kaya daripada orang terkaya. Selalu ada yang bisa didapatkan lebih dan lebih lagi walaupun kita sudah mempunyai banyak. Kita pun juga jadi sulit memberi dan berbagi karena selalu kurang dalam hidup kita. Orang-orang yang demikian justru adalah mereka yang miskin.

Jadi.. pertanyaannya.. apakah Anda miskin.. atau kaya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s