Percaya pangkal sukses

Kalau kita mencari kunci-kunci kesuksesan, pasti salah satunya berkaitan dengan kepercayaan diri (self-confidence atau self-belief). Tiliklah beberapa pernyataan berikut:

  • “Percaya pada kemampuan diri sendiri adalah salah satu kunci menggapai kesuksesan.”
  • “Believe in yourself and the world will be at your feet.” – Swami Vivekananda
  • “It is lack of faith that makes people afraid of meeting challenges, and I believed in myself.” – Muhammad Ali
  • “To live a great life, you must believe in yourself Let these quotes help you to create a mindset for believing in yourself… Those who believe they can do something and those who believe they can’t are both right.” – Henry Ford
  • “In order to succeed, we must first believe that we can.” – Nikos Kazantzakis

Percaya pada diri dan kemampuan diri sendiri menjadi kunci penting bagi setiap orang untuk dapat sukses. Dengan percaya pada diri sendiri, kita lebih mudah dan leluasa untuk melakukan dan mencoba ini itu tanpa banyak mempertanyakan (baca: meragukan) diri kita. Kita akan lebih memfokuskan diri pada apa yang bisa kita kembangkan dan kita lakukan daripada membuang waktu memastikan bahwa kita ini bisa.

Image result for self confident quotes

Terlebih lagi, kalau kita tidak memercayai diri kita sendiri, siapa yang akan memercayai diri kita? Orang lain belum tentu memercayai kita dan mengenal kita sepenuhnya. Syukurlah dan beruntunglah kita jika ada seseorang seperti mentor, orang tua, saudara, atau guru, yang memercayai kita dan mendukung kita sepenuhnya. Namun, walaupun begitu, kunci terakhir selalu ada di diri kita, apakah kita berani melangkahkan kaki kita.

Beberapa waktu yang lalu, saya mengikuti workshop matematika bagi guru dan orang tua. Lah, apa hubungannya? Sang pembicara, Dr. Yeap Ban Har, merupakan seorang guru dan konsultan pendidikan dari Singapura. Beliau menyampaikan bahwa riset menunjukkan bahwa setiap orang bisa belajar matematika. Beliau tidak mengelaborasi lebih jauh mengenai hal ini. Namun, saya tergelitik untuk mencari tahu lebih jauh.

Iseng mencoba mencari informasi via Google, saya menemukan situs https://www.youcubed.org/. Kita dapat menemukan berbagai informasi dan artikel menarik terkait pembelajaran dan matematika di sini. Hasil penelitian yang dicatat di sini menjadi menarik karena merupakan hasil penelitian di bidang neurosains terkait dengan bagaimana kerja otak manusia dalam belajar (khususnya matematika). Jadi, ini bukan sembarang coba-coba atau asal percaya. Ada pesan ilmiah dibaliknya.

Image result for make mistakes boaler

  1. Setiap orang dapat belajar matematika hingga tingkat kesulitan yang tinggi (Everyone can learn mathematics to high levels)
  2. Percayalah pada dirimu sendiri (Believe in yourself)
  3. Kesulitan dan kesalahan sangatlah penting dalam proses belajar (Struggles and mistakes are really important).
  4. Kecepatan tidaklah yang terpenting (Speed is not important).

Image result for it is lack of faith muhammad aliLihatlah poin ke-2, percayalah pada diri kita sendiri. Tentunya memang tidak mudah, karena kalau kita berulang kali melakukan kesalahan dan gagal, lambat laun kita menjadi tidak percaya diri. Oleh karena itu, poin ini tidak bisa berdiri sendiri. Poin ke-3 dan ke-4 juga tidak boleh ditinggalkan, selain tentunya proses refleksi dan belajar yang membuat kita juga semakin baik hari demi hari dan membentuk keterampilan dan keberadaan diri kita.

Kepercayaan diri memang tidak mudah dibentuk, seperti yang diomongkan. Dibutuhkan waktu dan proses yang tidak mudah untuk kita dapat sepenuhnya dan seutuhnya menerima dan memercayai diri kita sendiri. Terlebih lagi, jika kita mempunyai pengalaman buruk di masa lalu (atau yang sedang kita alami) yang membuat kita minder. Namun, kita juga perlu mengingat bahwa ketika kita sungguh dapat melakukannya (memercayai diri sendiri), pintu kesempatan dan kesuksesan di depan mata terbuka dengan lebih lebar.

Mari kita terus belajar mengasah diri. Memperbaiki yang perlu diperbaiki, terutama sikap dan karakter kita. Mengasah keterampilan yang menjadi kekuatan utama kita. Berbagilah juga pada teman atau orang di sekitar kita ketika ada kesempatannya. Jangan pernah menyerah dan terus tanamkan dalam diri bahwa kita bisa selalu menjadi lebih baik (growth mindset). Ingat juga untuk bergaul dengan orang yang positif dan dapat menolong kita lebih baik. Relasi positif penting!

Niscaya, kita akan sampai di garis tersebut, untuk kemudian memasuki pintu berikutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s