Kepemimpinan perlu latihan

Pernahkah kita berpikir, apa yang dilakukan para pemimpin-pemimpin besar yang ada di dunia sehingga mereka bisa menjadi pemimpin yang hebat?

Sederhana saja, mereka berlatih. Mereka melatih diri mereka sedini mungkin (atau tentunya dilatih atau diajarkan oleh orang tua atau sekolah) untuk menjadi pemimpin hebat.

Mungkin hal ini yang paling sering kita kurang hargai. Di perusahaan atau sekolah, kita meminta setiap orang untuk bangkit dan menjadi pemimpin, tetapi kita tidak pernah mengajarkannya. Kita berharap orang bertumbuh tapi tidak menolong. Betapa buruknya kita sebagai pemimpin!

Bagaimana caranya berlatih kepemimpinan? Ingat bahwa kepemimpinan itu ada di setiap hari dalam hidup kita. Mulai dari hal-hal sederhana seperti membantu orang tua, saudara, atau teman, membereskan mainan dan tempat tidur sendiri, kebiasaan berkata maaf, tolong, dan terima kasih, membukakan pintu bagi orang lain, menahan pintu elevator ketika ada orang mau masuk, dan masih ada banyak hal lainnya. Kepemimpinan itu dilatih setiap hari melalui berbagai aktivitas kecil maupun besar.

Karena begitu sulitnya kepemimpinan, maka harus dilatih setiap hari. Setiap hari.

Don’t’ take it for granted!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s