Sikat gigi 2x setiap hari

Apa gunanya menyikat gigi dua kali setiap hari? Apakah gigi kita akan rusak jika kita tidak melakukannya? Kenapa tidak menyikat gigi 10x dalam suatu hari, lalu tidak menyikat gigi lagi sampai 5 hari mendatang?

Apa gunanya berolahraga 1 jam setiap hari sepanjang tahun? Kenapa tidak berolarhaga 7 jam dalam suatu hari lalu kembali berolahraga 7 jam dalam satu hari di minggu depan?

Apa gunanya menyatakan kasih sayang kepada kekasih kita setiap hari? Kenapa tidak berikan saja ekspresi sayang, kejutanm dan semua hadiah hanya di satu hari tertentu di setiap tahunnya?

Hal baik, kesuksesan, berasal dari latihan dan usaha konsisten setiap harinya. Intensitas yang cukup memang penting, tetapi konsistensi sangat penting. Membosankan? Iya tentu, tetapi dari konsistensi itu akan muncul hasil yang besar.

Seseorang tidak bisa sukses tanpa konsistensi usaha. Akan butuh waktu yang lama memang, tetapi hasilnya akan jelas.

Demikian juga kepemimpinan. Banyak orang menganggap bahwa ikut 1-2 kali atau segelintir pelatihan sudah cukup menjadikannya pemimpin yang baik. Anda yakin? Saya tidak. Kepemimpinan dilatih setiap hari, sama seperti menyikat gigi setiap hari.

Beberapa latihan kepemimpinan yang bisa kita lakukan setiap harinya:

  • Menanyakan kabar rekan, teman atau keluarga dengan tulus
  • Mendengarkan cerita curahan hati orang lain
  • Menyapa orang lain
  • Menolong mereka yang kesulitan
  • Memberikan apresiasi positif
  • Memberikan semangat kepada mereka yang merasa gagal
  • Memberikan saran-saran positif untuk mereka yang membutuhkannya
  • Memberikan komentar membangun bagi rekan yang telah menyelesaikan suatu pekerjaan.

Hal-hal sederhana ini memang nampak tidak ada artinya, JIKA dilakukan sendirian masing-masing. Tetapi, jika semuanya secara konsisten dilakukan, yakinlah bahwa suatu hari nanti mereka yang ada pimpin akan benar-benar merasa terinspirasi oleh setiap tindakan kita.

Jadi, mari menyikat gigi 2 kali setiap hari 😊

Leave a comment