Pernikahan Dua Bidang

Bisnis telah merambah ke berbagai industri yang ada, termasuk pendidikan. Bisnis cenderung berorientasi bagaimana menghasilkan keuntungan bagi para pelaku dan pemilik bisnis.

Selama saya bekerja di bidang pendidikan, saya merasakan dan menyaksikan betapa sulitnya mengawinkan kedua bidang ini, bisnis dan pendidikan. Mengapa? Karena keduanya nampak bertolak belakang. Bisnis nampak cenderung fokus pada “mengambil” keuntungan sedangkan pendidikan nampak cenderung fokus pada “memberi” keuntungan.

Di dunia saat ini, di mana bisnis menjadi bagian dari industri pendidikan, khususnya swasta, lalu apa yang harus kita lakukan? Mana yang harus kita pilih?

Ide ini baru saja tercetus saat saya sedang menulis artikel ini: Kalau seorang laki-laki dan perempuan yang sangat berbeda saja bisa menikah dan bertahan lama, bahkan menciptakan dunia yang lebih baik, bukankah kedua bidang yang nampak bertolak belakang ini dapat dikawinkan dan menghasilkan dampak luar biasa?

Saya percaya bahwa bisnis seharusnya tidaklah buruk. Hanya, banyak orang yang berbisnis lebih memilih mengorbankan orang untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Sangat bertolak belakang jika dibandingkan dengan orang-orang pendidikan yang lebih memilih mengorbankan dirinya untuk memberi keuntungan sebesar-besarnya pagi para muridnya. Bisnis dapat digunakan untuk memaksimalkan kinerja lembaga pendidikan, bukan untuk mencari uang semata, tetapi justru menggunakan uang yang ada sebagai bensin untuk memajukan kualitas pendidikan.

Jelas, tanpa sumber dana yang cukup, lembaga pendidikan pasti kesulitan. Karena itu, yuk bagi kita yang fokus berbisnis, berikan feedback agar kami yang berkarya di bidang pendidikan dapat memahami bisnis lebih baik dan memanfaatkan sisi positifnya. Sebaliknya, yuk bagi kita yang fokus mendidik, berikan feedback agar kami yang berkarya di bidang bisnis dapat lebih memahami pendidikan dengan baik dan mengawinkan sisi positifnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s